wanapasa

wanapasa
wanapasa

Minggu, 25 Juli 2010

Kondisi Lingkungan Gunung wayang

Oleh : Khadafi Gunung Wayang
Kecamatan Kertasari merupakan salah satu kecamatan yang berada di wilayah Kabupaten Bandung. Secara geografis kecamatan Kertasari berada di dataran tinggi karena wilayahnya dikelilingi oleh gunung-gunung yang menjulang tinggi. Namun kondisi ini juga yang sebagian pihak merasa khawatir karena berindikasi terhadap erosi dan berakubat banjir lumpur. Ini terbukti dari beberapa kali hujan di bulan Februari yang mengguyuri kecamatan Kertasari mengakibatkan longsor, dan yang paling ironi Kertasari yang di sebut sebagai pegunungan bisa merasakan banjir dengan ketinggian 0,5 M.
Kerusakan lingkungan dan hujan deras ini yang menjadi indikator terjadinya banjir lumpur dikecamatan kertasari karena sudah menjadi agenda tiap tahun. Selain banjir lumpur kecamatan kertasari merasakan bencana yang tidak pernah terjadi sebelumnya, bencana banjir yang sering kita dengar sudah barang tentu dirasakan oleh daerah yang berada didataran rendah seperti Majalaya, Baleendah, Dayeuh Kolot bahkan sampai ke Jakarta. Namun kali ini banjir juga dirasakan masyarakat kecamatan Kertasari khususnya daerah Tarumajaya, bencana ini menjadi momok yang menakutkan, kenapa tidak? Di bulan ini saja banjir yang menimpa kecamatan kertasari sudah terjadi sebanyak tiga kali dan mengakibatkan kerugian yang cukup besar diantaranya rumah, barang-barang dan ternak. Belum lagi dibeberapa wilayah kecamatan Kertasari kekhawatiran terjadi longsor itu sangat besar karena kondisi rumah warga dibawah lokasi yang berpotensi longsor.
Untuk sebagian masyarakat Pilar yang berada di desa Tarumajaya sudah selayaknya di relokasi, karena tempat tinggal yang mereka huni selain terus-terusan terkena banjir apabila hujan besar rumah merekapun berada dibawah lokasi yang berpotensi longsor, dilihat dari struktur tanah yang tidak ada pohon penyangga dan tanahnya pun sudah retak-retak. Selain relokasi, upaya penyelesaian kerusakan lingkungan yang terjadi di kecamatan kertasari harus secepatnya ditanggapi dengan serius sebelum terjadi dampak yang tidak diharapkan.
Duduk bersama antar pihak dan menghilangkan ego sentris ini menjadi salah satu jalan keluar dalam upaya percepatan penyelesaian kerusakan lingkungan yang terjadi di kecamatan kertasari, dan yang paling terpenting pelibatan masyarakat baik ide, gagasan ataupun tenaga merupakan salah satu upaya dalam keterlibatan yang mengarah pada perumusan, perancangan dan perencanaan kegiatan dalam proses percepatan penyelesaian segala persoalan yang terjadi di kecamatan kertasari. Karena negara ini negara yang menganut sistem demokrasi, dimana kedaulatan sepenuhnya ada ditangan rakyat tidak di segelintir orang.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar